Tips dan Tricks Terbaik Untuk iPad

Sebuah perangkat “mobile” telah mengubah cara kita dalam berinteraksi dengan komputer. Sekarang tidak lagi dibutuhkan sebuah mouse atau sebuah keyboard yang berukuran besar, tetapi Anda masih tetap bisa bekerja dengan perangkat tersebut.

Seperti iPad misalnya, hanya memiliki satu tombol – tombol “Home” yang tepat ke wajah Anda. Keyboarnya akan mucul di layar pada saat Anda menjalankan Aplikasi tertentu, dan tombol khusus seperti Ctrl, Alt, Esc dan Function tidak ada lagi pada keyboard onscreen tersebut.

Memberikan sedikit bantuannya untuk menggunakan iPad, ini adalah tips dan triks yang mungkin akan membuat Anda tertarik dan juga mudah digunakan khususnya bagi Anda yang telah mempunyai device tersebut. Tips dan Triks ini juga bisa digunakan bukan hanya pada iPad, tetapi dapat juga dapat digunakan pada iPhone dan iPod touch yang menggunakan OS yang sama.

Berikut dibawah ini adalah daftar dari Tips dan Triksnya:

Cara Untuk Berpindah dari Aplikasi Yang Sedang Terbuka

Pada saat Anda menjalankan sebuah aplikasi dan akan me-minimizenya, mudah saja tombol Home. Dan untuk mengembalikan Aplikasi tersebut kembali tidak seperti pada saat Anda melakukannya di Windows, dengan hanya sekali klik di taskbar. Tetapi iPad mempunyai cara tersendiri untuk melakukannya dan juga tidak tertalu sulit.

  1. Double-press (tekan dua kali) pada tombol Home iPad, dan akan mucul barisan aplikasi yang sedang terbuka pada bagian bawah layar.
  2. Geser barisan aplikasi tersebut bila perlu.
  3. Tab pada icon aplikasi yang Anda inginkan maka pada saat itu juga aplikasi akan kembali terbuka di layar.

Cara Untuk Menutup Aplikasi yang Sedang Berjalan

iPad tidak mengharuskan Anda untuk menutup setiap aplikasi yang sedang berjalan. Tetapi pada beberapa kasus seperti bermain game, Anda mungkin perlu untuk menutup game tersebut dan  kembali menjalankannya mulai dari level yang baru atau sama dengan melanjutkan pada level terakhir yang sudah Anda mainkan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Press tombol Home untuk meminimize aplikasi yang sedang berjalan.
  2. kemudian double-press tombol Home untuk mendapatkan list dari aplikasi yang sedang terbuka pada bagian bawah layar.
  3. Sentuh dan tahan pada icon aplikasi yang ingin Anda tutup sampai icon tersebut terlihat seperti bergetar, kemudian tab/sentuh pada tanda minus (-) berwarna merah pada bagian kiri atas icon untuk menutup aplikasi tersebut.
  4. Double-press tombol Home lagi untuk menghilangkan list/barisan dari daftar running apps (aplikasi yang sedang berjalan).

Cara Untuk Menghapus Sebuah Aplikasi

Memasang aplikasi dari App Store adalah langkah yang tepat, demikian juga untuk menghapus aplikasi caranya sangat cukup mudah dan langsung dari iPad Anda.

  1. Sentuh dan tahan sebuah icon app pada layar sampai dengan semua icon bergetar.
  2. Sentuh tanda X pada icon dari aplikasi yang ingin anda hapus.
  3. Pilih  tombol Delete untuk memastikan kalau Anda benar-benar ingin menghapus aplikasi tersebut.
  4. Ulangi cara tersebut diatas untuk aplikasi lainnya yang ingin dihapus juga dan setelah itu tekan tombol Home untuk selesai menghapus aplikasi.

Catatan: Jika anda men-sync aplikasi dengan iTunes di komputer, hilangkan tanda check pada aplikasi yang telah dihapus. Apabila Anda tidak menghilangkan tanda cek pada iTunus maka pada saat Anda membuat Sync, secara otomatis iTunes akan mengembalikan program tersebut terpasang kembali di iPad Anda.

Cara Untuk Pause (menghentikan sementara) Aplikasi Yang Sedang di Install

Apabila Anda sedang mendownload atau mengupdate dari App Store lebih dari satu aplikasi dalam sesaat, maka akan ditampilkan aplikasi yang pertama yang sedang “Loading…”, dan sisanya akan “Waiting…” (Menunggu). Tetapi beberapa aplikasi bisa mempunyai ukuran yang sangat besar dan membutuhkan waktu lebih lama untuk mendownload. Bila hal itu terjadi, Anda lebih baik membuat yang pertama mendownload terlebih dahulu baru kemudian yang lainnya menyusul secara bergantian. Caranya cukup mudah:

  1. Sentuh salah satu dari icon yang sedang loading, itu akan menjadikannya pause (berhenti untuk beberapa saat) dan biarkan yang pertama mendownload hingga selesai.
  2. Anda juga dapat mengulangi cara yang sama apabila proses download aplikasi lebih dari satu.
  3. Anda juga dapat menyentuh salah satu dari yang di pause untuk kembali melanjutkan proses loading download aplikasi.

Cara Untuk Re-arrange Icons

Pada saat Anda menginstall sebuah aplikasi pada iPad, system secara otomatis akan menempatkan icon aplikasi tanpa menanyakan kepada Anda terlebih dahulu untuk menempatkan icon tersebut pada home screen (layar utama). Tetapi Anda dapat mengaturnya nanti untuk menempatkannya pada home screen atau pada bagian bawah Dock.

  1. Sentuh dan tahan sebuah icon pada layar Anda dan kemudian icon tersebut akan bergetar.
  2. Setelah icon bergetar, geser icon tersebut ke tempat yang berbeda pada layar, atau juga pada dan dari Dock yang bisa memberikan tempat sampai pada enam icon.
  3. Atau Anda juga dapat menggeser salah satu icon sampai keujung ke kiri atau kanan layar sehingga layar utama akan berganti dengan layar lainnya, lalu taruh/tempatkan icon tersebut di layar yang Anda telah tentukan.
  4. Tekan tombol Home untuk finish.

Cara Untuk Membuat, Mengganti Nama dan Menghapus Folder

Lain dari pada aplikasi yang berada pada Dock, terkadang apabila kita terlalu banyak mempunyai icon aplikasi pada beberapa bagian layar sehingga akhirnya membuat kita terkadang susah untuk menemukannya. Bila demikan, mengapa tidak membuat folder saja untuk mengelompokan bagian-bagian tertentu aplikasi dalam satu grup folder? cara membuatnya cukup mudah dari apa yang Anda banyangkan.

  1. Sentuh dan tahan sebuah icon sampai icon tersebut bergetar.
  2. Geser icon tersebut sampai tepat berada di atas icon yang lain yang Anda anggap cocok untuk disatukan dalam sebuah grup folder kemudian lepaskan. Maka secara otomatis system akan membuat dan menamakan folder untuk icon yang Anda akan kelompokan. Dan setelah itu akan terbuatlah sebuah folder dengan dua icon yang berada di dalamnya. Geser lagi icon lainnya yang smiliar dengan aplikasi yang dikelompokan ke dalam folder tersebut bila masih Anda perlukan.
  3. Tekan tombol Home untuk finis.

Anda juga dapat setiap saat mengganti nama dari folder tersebut dengan nama lain yang Anda inginkan – sentuh dan tahan folder icon untuk membuatnya bergetar, sentuh lagi pada icon folder tersebut untuk membuka nama folder, lalu edit atau ganti nama foldernya.

Pada saat system secara otomatis membuat folder untuk Anda, tetapi itu tidak sama untuk menghapus sebuah folder juga secara otomatis : buat icon folder bergetar, sentuh icon folder untuk membukanya, dan hapus atau pindahkan keluar semua icon didalam folder tersebut dengan cara mengesernya satu persatu, dan setelah kosong maka folder tersebut juga akan hilang dengan sendirinya.

Cara Untuk Mengetik Cepat Dengan Multiple Spasi

Dari pada selalu mengetik dengan menekan tanda titik dan di di tambah spasi untuk mengakhiri dan memulai kalimat baru, Anda dapat dengan mudah menyentuh dua kali pada spasi bar, atau menyentuh spasi bar dengan dua jari Anda secara secara bersamaan, dan Anda akan mendapatkan sekaligus tanda titik(.) dan spasi secara bersamaan.

Ironisnya iPad tidam mempunyai virtual keyboard dengan tombo spasi didalamnya, tetapi Anda tetap dapat menggunakan spasi dengan menekan tiga kali pada spasi bar, atau juga dengan menekan/menyentuk menggunakan empat jadi pada spasi bar. bisa juga dengan menyentuh menggunakan lima jari Anda secara bersamaan sekaligus :)

Cara Untuk Mengetik Karakter-Karakter Khusus

Jika Anda ingin atau cukup sering menggantikan dari Alphabet dan Number keyboard hanya untuk mengetikan tanda tanya (?) pada paragraf Anda, lalu mengapa Anda tidak mencoba cara-cara mudah dibawah ini?:

  • ‘ (tanda single quotation) => sentuh lama pada keyboard tombol koma.
  • ” (tanda double quotation) => sentuh lama pada keyboard tombol titik.
  • Mengaktifkan dan menonaktifkan caps lock/huruf besar => sentuh dua kali pada  pada tombol Shift untuk mengaktifkan caps lock, dan sekali sentuh untuk menonaktifkannya.
  • Huruf atau simbol yang tidak terdapat pada keyboar? => sentuh dan tahan pada sebuah tombol keyboar untuk mendapatkan karekter khusus yang berbeda.

Cara Untuk Cut, Copy dan Paste

Terdengar cukup mudah tetapi bisa jadi harus menggunakan sedikit trik untuk melakukannnya apabila Anda menggunakan aplikasi yang berbeda. Biasanya cara ini digunakan pada Mail atau beberapa aplikasi lainnya:

  1. Sentuh dua kali pada baris kalimat yang diinginkan, atau sentuh dengan dua jari untuk select sebuah paragraf.
  2. Drag/geser pada bagian handle/gagang untuk mengajust area yang di inginkan, lalu pilih Cut atau Copy.
  3. Sentuh pada bagian yang ingin di masukan dengan yang sudah di cut atau copy sebelumnya dan tab lagi pada cursornya dan tahan.
  4. Pilih Paste.

Catatan: Cara pertama tidak dapat berjalan pada browser seperti Safari seperti double tab/menyetuh dua kali yang digunakan untuk memperbesar sebuah webpage. Gunakan sentuh dua kali dan tahan untuk copy text atau gambar.

Cara Untuk Undo dan Redo dengan Mengoyangkan

Pada Anda secara tidak sengaja meng-cut beberapa text pada aplikasi seperti Mail atau Notes dan ingin mengembalikannya kembali seperti dulu sebelum text tersebut ter-cut, Anda dapat menyentuh tuts Undo pada keyeboard Angka. Untuk redo, ganti simbo keyboard dan sentuh tuts Redo. Alternatif lainnya, Anda juga dapat menguncang/mengoyangkan iPad untuk meng-undo atau redo, seperti berikut ini:

  1. Setelah menghapus beberapa text, pegang iPad Anda dengan baik dengan kedua tangan dan goyangkan sedikit. Dan kemudian akan muncul tombol Undo di layar Anda.
  2. Untuk Redo, goyangkan perlahan lagi, tetapi jangan sampai menjatuhkan iPad Anda!

Cara Untuk Mematikan Auto-Correction

Bila Anda telah selesai mengetik, system akan mengecek pengejaan dan memberikan perkiraan kalimat. Kecuali bila Anda telah menolaknya dengan menekan tombol x, kalimat yang diberikan akan mengoverwrites kalimat Anda pada saat Anda selesai mengetikan keseluruhannya dan menekan tombol spasi. Jika Anda merasa terganggu, Anda dapat menonaktifkan Auto-Correction tersebut.

  1. Buka aplikasi Settings dan pilih “General” pada panel bagian kiri.
  2. Select “Keyboard” pada panel bagian kanan.
  3. Pilih off “Auto-Correction”.

Cara Untuk Mengunci Orientasi Layar

Layar iPad akan merespon dengan memberikan posisi portraid atau landscape sesuai dengan cara Anda memegangnya. Bagaimana jika Anda ingin mengunci orientasi layar hanya pada satu posisi, sehingga layar tidak akan berotasi dari porgraid ke landscape atau sebaliknya? Cukup mudah.

  1. Tekan dua kali pada tombol Home di iPad Anda untuk menampilkan list dari aktif applikasi yang sedang berjalan pada bagian bawah layar.
  2. Geser barisan apps ke kiri sehingga Anda menemukan icon orientasi.
  3. Tahan posisi iPad pada orientasi layar yang Anda inginkan (portraid atau landscape) dan sentuh icon orientasi untuk menguncinya.

Untuk melepaskan kunci orientasi, sentuh icon orientasi lagi.

Cara untuk membuat Print Screen

Dimana tombol PrintScreen bila Anda membutuhkannya untuk membuat screen shot dari layar iPad Anda?

Dari pada menggunakan satu tombol, coba dengan sebuah kombinasi dari dua tombol-tekan dan tahan tombol Sleep/Wake pada bagian atas dari iPad Anda, dan tindis tombol Home sekali. Anda akan bisa melihat hasil screenshotnya di dalam Photos library.

Cara Memilih Wallpapers untuk iPad Anda

Anda dapat dengan mudah memilih sebuah wallpaper dari beberapa atau salah satu koleksi gambar dan men-set-nya menjadikan wallpaper pada Home dan atau pada Lock Screen iPad Anda.

  1. Buka aplikasi Settings dan pilih “Brightness dan Wallpaper” pada bagian panel bagian kiri.
  2. Pilih atau buat slide ke kiri pada walpaper box yang ada dan pilih wallpaper.
  3. Sentuh “Set Home Screen”, “Set Lock Screen” atau “Set Both” (keduanya).
  4. Sentuh pada tombol Back untuk finish.

Anda juga dapat memilih gambar dari Camera Roll atau Photo Library, tetapi di beberapa kasus ini menjadikannya tidak fit (pas) dengan ukuran layar iPad yang mempunyai resolusi 1024 x 758 pixels.

Idealnya, sejak layar iPad  dapat berorientasi ke portrait (768 W x 1024 H) atau landscape mode (1024 W x 768 W), jenis wallpaper ini akan lebih cocok. Sedangkan pada sebuah gambar persegi dengan ukuran sudut luar 1024×1024 pixels, dengan bagian tengah gambar adalah 768×768 pixels maka gambar tersebut tidak dapat di crop pada saat Anda membalikan layar pada orientasi mode tertentu.

Cara Untuk Menggulung Layar Kembali Ke Bagian Atas

Pada saat Anda browsing artikel pada sebuah website dan membaca sudah pada bagian bawah dari artikel, bila pada website itu menyertakan tombol untuk kembali ke atas dari artikel (Back to the top of the article) Anda dapat dengan mudah klik tombol tersebut dan berpindah pada halaman bagian atas artikel kembali. Tetapi bagaimana dengan website yang tidak mempunyai link tersebut?

Menggunakan iPad, Anda hanya perlu menyentuh pada bagian atas Status bar di layar dan dengan cepat akan langsung menggulung layar kembali ke bagian atas artikel kembali.

Cara ini dapat berjalan pada browser Safari atau browser Terra, dan juga bisa berlaku untuk aplikasi seperti Mail, Notes dan Photos.

Cara Untuk Mengaktifkan Boomarks Bar dan Edit Bookmarks di Safari

Safari tidak menampilkan Bookmarks Bar secara default. Anda dapat mengaktifkannya sendiri dengan masuk ke aplikasi Settings, kemudian pilih Safari dari panel sebelah kiri, dan pilih On “Always Show Bookmarks Bar”. Setelah itu Anda akan melihat Bookmarks Bar di Safari dan juga mengedit bookmarks pada Bookmarks Bar teserbut.

Menambahkan bookmark ke dalam Bookmarks Bar

  1. Pada halaman web yang Anda inginkan untuk ditambahkan ke dalam Bookmarks Bar, sentuh pada tombol aksi bookmark , lalu pilih Add Bookmark.
  2. Sentuh dan ganti lokasi bookmark ke “Bookmarks Bar” (bila diperlukan).
  3. Sentuh tombol Save.

Menambahkan folder pada Boomarks Bar

  1. Sentuh tombol Bookmark.
  2. Pada bagian Bookmark Bar list, ketikan “Bookmarks Bar” (bila diperlukan)
  3. Sentuh pada tombol Edit, dan sentuh “New Folder” dan berikan nama untuk forlder teserbut.
  4. Re-order item tersebut dengan menggeser tombol Sort  ke bawah atau atas dan tekan “Done” bila telah selesai.

Menghapus bookmark / folder dari Bookmarks Bar

  1. Sentuh tombol Bookmark.
  2. Kemudian pada Boomark Bar urutkan dengan menyentuh “Bookmarks Bar” (bila diperlukan).
  3. Sentuh tombol Edit.
  4. Sentuh tanda minus (-) pada item yang akan dihapus dan tekan “Delete” untuk mengkonfirmasi.

Cara Untuk Mengganti Mail Signature Anda

Setiap kali Anda mengirimkan email menggunakan aplikasi default Mail, secara default akan menyertakan signatur “Sent form my iPad”. Jika Anda tidak menyukai signature itu, hapus atau gantikan dengan signature buatan Anda sendiri.

  1. Buka aplikasi Settings dan pilih “Mail, Contacts, Calendars” dari panel bagian kiri.
  2. Pilih “Signature” pada panel bagian kanan.
  3. Hapus signature “Sent from my iPad”, atau gantikan dengn signature atau dengan nama Anda sendiri.
  4. Sentuh pada tombol “Mail, Contacts…” bila sudah selesai.

Jalankan aplikasi mail untuk mengkonfirmasi bila perubahan signature telah jadi.

Cara Untuk Mendownload PDF ke iBooks via Safari

Setelah mendownload sebuah file PDF di sebuah browser seperti Safari, Anda dapat segera membaca file tersebut dalam browser. Tidak hanya itu saja, jika Anda telah menginstall  iBooks, Anda juga dapat mentrasfer file PDF tersebut ke dalam library untuk membacanya menggunakan iBooks kapan saja dan dimana saja.

  1. Pada Safari di iPad Anda, sentuh sebuah PDF file untuk di download, setelah selesai proses download browser akan menampikan  file PDF tersebut.
  2. Sentuh pada layar, dan sentuh pada tombol “Open in iBooks” pada bagian atas.
  3. Pada saat membuka pada iBooks, file PDF tersebut secara atomatis akan dimasukan ke dalam library Anda.

Cara Untuk Mengunci iPad Anda

Tidak suka bila anak Anda mengacaukan iPad Anda atau seseorang dapat langsung membaca email pada iPad Anda?
Kunci Ipad Anda dengan sebuah password.

  1. Buka aplikasi Settings dan pilih “General” pada panel bagian kiri.
  2. Pilih “Passcode Lock” pada panel bagian kanan.
  3. Sentuh pada “Turn Passcode On”
  4. Masukan 4-gigit passcode, dan ulangi untuk mengkonfirmasi.

Setiap kali menyalakan iPad, Anda akan mendapati 4-digit passcode untuk dapat mengakses iPad Anda.

Cara Untuk Sync iPad dengan PC – Menggunakan iTunes

Membuat sync iPad dan PC dengan menggunakan iTunes akan membuat copy backup dari semua aplikasi, music, videos dan data lainnya yang Anda miliki pada PC. Dalam kasus misalkan Anda secara tidak sengaja menghapus beberapa file dari iPad, Anda dapat mengembalikannya dengan mengunakan sync tersebut. Juga cara untuk mendapatkan kembali aplikasi, lagu dan video dari PC ke dalam iPad Anda, disamping Anda juga bisa mendapatkannya langsung dari App Store dan iTunes apps dari device Anda.

Untuk dapat menggunakannya, iTunes harus di pasang terlebih dahulu pada PC Anda. Lalu ikuti langkah-langkah berikut untuk syncing iPad Anda dengan PC berbasis iTunes:

  1. Hubungkan iPad Anda ke PC dengan menggunakan kabel yang telah disediakan.
  2. iTunes akan secara otomatis terbuka pada PC Anda dan membuat sync iPad Anda berbasis pada settings yang sebelumnya telah Anda buat. Atau apabila tidak otomatis berjalan, jalankan iTunes secara manual pada PC Anda, select iPad pada bagian “DEVICES” dan klik tombol Sysnc  untuk menjalankannya proses sync.
  3. Klik tombol Apply untuk menjalan sync lagi jika Anda telah membuat perubahan lain pada settings.
  4. Klik tombol Eject di iTunes untuk membuat disconect iPad Anda dari iTunes bila telah selesai.

Cara Untuk Reboot system

Pada suatu saat iPad Anda hang atau system yang tiba-tiba tidak merespon, Anda dapat mencoba untuk me-reboot system dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Tekan dan tahan tombol Sleep/Wake pada sudut atas iPad Anda, sampai mucul slider/pengeser berwarna merah. Menggunakan jari Anda, geser tombol slider sampai keujung batas tombol slider dan system akan menjadi off.
    (Cara lain dengan menekan dan tahan tombol Sleep/Wake dan juga tekan dan tahan tombol Home secara bersamaan dan tunggu sampai system menjadi off.
  2. Hidupkan kembali system (turn on) dengan cara tekan dan tahan tombol Sleep/Wake sampai muncul logo Apple.
About these ads

9 Tanggapan

  1. Trima kasihhh banyak ya mas, sangat berguna….
    Untuk pengguna baru seperti saya…

  2. mas mohon peyunjuk gimana cara rubah nama file pdf yang sudah masuk ke i book??
    terimakasih

  3. Terimakasih ya :)
    Aku langsung masukin ke daftar bacaan

    O iya untuk temen2 yang memiliki usaha atau sedang bekerja, silahkan mampir http://www.programaccurate.com

  4. Terima kasih untuk tips ya. Saya Ada keluhan dengan safari yang tidak berfungsi.saya tekan safari lalu aplikasi itu terbuka sebentar dan menutup kembali.saya coba reset dan reboot. Tetap seperti itu. Saya mengunakan ipad 1. IOS 5.1

  5. mas, orientas ipad saya suka ga bener nih. suka berubah2 trs, selain di lock, trs bisa digimanain lg. soalnya klo pas maen temple run, klo kita serong kiri/kanan, suka bolak balik ke tengah!
    mohon info nya ya mas..mksh!

  6. mas mau tanya kalau udah download dari iTunes via PC apakah langsung masuk downloadnya ke dalam iPad menggunakan email

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: