Resep Jitu Agar Tetap Termotivasi

1.      Perlahan Sedikit.
Banyak para karyawan pemula, dalam kombinasi antara antusiasme dan ketidaksabaran, melakukan latihan terlalu banyak. Mereka berlatih terlalu banyak, terburu-buru dan terlalu sering. Ini mengakibatkan kelambanan, rasa sakit, kelelahan dan penurunan kemampuan umum lainnya atau dengan kata lain, justru mengurangi motivasi. Turunkanlah irama kecepatan Anda dan bersantailah sejenak. Hal tersebut akan menyelamatkan Anda dari tekanan-tekanan.

2.      Buat Rencana Kerja yang Matang.
Buatlah kesepakatan dengan diri sendiri (atau dengan seorang teman) untuk waktu dan tempat tertentu. Tepatilah kesepakatan tersebut sebagaimana Anda menepati janji. Jika Anda menetapkan waktu dan berniat menepatinya, maka Anda akan dapat melaksanakan rencana Anda. Hal tersebut akan membantu saat Anda berbagi komitmen atau menyampaikan pendapat Anda kepada mitra berlatih Anda.

3.      Jadwalkan Olahraga Pagi Hari.
Jika Anda dapat melakukan hal tersebut, Anda akan selalu memulai hari dengan perasaan telah melakukan sesuatu yang positif untuk diri Anda sendiri. Olahraga pagi juga dapat memberikan efek energis selama berjam-jam.

4.      Konsentrasi dalam Mencari Tingkat Pengembangan Diri.
Apakah Anda merasa lebih baik? Apakah Anda dapat mengatasi halangan yang ada? Apakah Anda belajar tentang diri dan kemampuan Anda dalam menepati kata-kata Anda sendiri? Apakah daya tahan atas kesabaran Anda berkembang? Buatlah grafik tentang kelebihan-kelebihan tersebut, tanpa perlu mengindahkan apakah jumlahnya sedikit atau banyak. Pola tertentu yang akan nampak, dapat Anda gunakan untuk membantu Anda melalui saat-saat sulit.

5.      Tepati Jadwal.
Anda akan mendengar banyak tentang ini dalam kolom-kolom selanjutnya. Sebagaimana kesepakatan para pakar penurunan berat badan atau Anda telah ketahui, kita tidak selalu setuju terhadap berbagai macam hal. Jurnal akan sangat membantu Anda untuk melihat pola-pola makanan, perubahan-perubahan suasana hati dan tingkat energi. Jika diterapkan dengan benar dan tepat, Anda akan memperoleh pengajaran yang bermanfaat tentang berbagai permasalahan penting diri Anda, serta hubungannya dengan kebutuhan akan makanan, seks, kenyamanan, citra dan berat badan.

6.      Jika Mulai Merasa Tak Tertarik, Ubah Kegiatan Anda.
Jika Anda berlatih di sebuah pusat kebugaran, cobalah untuk menggunakan fasilitas taman luar. Jika biasanya Anda berlari, cobalah menggunakan alat mendayung. Tambahkan sedikit beban atau ubahlah latihan beban yang biasa Anda lakukan untuk membuat Anda merasa lebih gembira.

7.      Buat Agar Menyenangkan.
Banyak orang yang merasa motivasi mereka menurun pada saat latihan menjadi sebuah tugas. Mungkin akan menyenangkan bila Anda bertanya pada diri sendiri, kegiatan macam apa yang membuat Anda punya kesempatan untuk senantiasa bergerak atau berpindah-pindah. Barangkali menari-nari selama setengah jam sambil mendengarkan CD kesukaan Anda? Bagus! Itulah hasil latihan Anda pada hari itu.

8.      Buat Agar Menyenangkan.
Atau jika mungkin, jadwalkan satu (atau tiga) acara dengan seorang pelatih. Masukan-masukan dari orang lain. Ibaratnya, dapat menggantikan rutinitas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: