BADAI PASTI BERLALU

Masa Sulit Pasti Berlalu, Manusia Tegar Pasti Bertahan.

Hidup kita akan terus menghadapi berbagai macam masalah dan masalah-masalah itu sebenarnya akan terus ada selama kita masih hidup di dunia ini. Apabila kita mencapai suatu keberhasilan, misalnya sukses di tempat kerja yang membawa kita ke jenjang karier yang lebih tinggi atau sukses menjalankan usaha kita sendiri bukan berarti masalah itu akan selesai disitu juga. Tetapi sebaliknya sebenarnya kita sedang di hadapkan kepada permasalahan baru seiring dengan kesuksesan yang baru kita raih juga. Sebuah fatamorgana apabila seseorang menganggap dirinya telah lepas dari permasalahan, tetapi bukan berarti permasalahan-permasalah itu juga tidak akan terselaikan. Step by step ada jalan keluar untuk permasalah yang kita hadapi, dan hanya Manusia Tegar Pasti Bertahan dari setiap permasalah-permasalah itu.

“Rahasia dari keberhasilan adalah berusaha menemukan suatu kebutuhan dan berusaha memenuhinya.” Menakjubkan menyadari apa yang dapat diperbuat Tuhan kalau kita memberiNya cukup waktu untuk melaksanakan rencanaNya! Jangan takut untuk mencoba memulai sesuatu, karena tidak mungkin gagal sama sekali kalau Anda berani mencoba. Orang yang dapat mengatasi masa sulit adalah orang yang tidak berhenti meyakini. Mereka memiliki keyakinan atas diri sendiri dan Tuhan mereka serta terhadap ide-ide yang diberikan Tuhan kepadanya. Para pemenang ini – kaum yang selamat – berdoa memohon bimbingan Tuhan, dan kalau mereka telah mengetahui apa yang harus mereka lakukan, mereka segara bertindak.

Alkitab mengatakan “Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban” (2 Tim 1:7).

Tidak perlu merasa takut, kata-kata dibawah ini akan membuat Anda menjadi orang yang Anda inginkan :

 

            Kegagalan tidak berarti Anda gagal…

                        namun Anda belum berhasil.

            Kegagalan bukan berarti tidak mencapai apa-apa…

                        namun Anda telah memahami sesuatu.

            Kegagalan bukan berarti Anda bodoh…

                        namun berarti Anda memiliki banyak keyakinan.

            Kegagalan tidak berarti Anda tidak diberkati…

                        namun Anda berkemauan untuk mencoba.

            Kegagalan tidak berarti Anda tidak memilikinya…

                        namun Anda harus mencobanya dengan cara lain.

            Kegagalan tidak berarti Anda lemah…

                        namun Anda kurang sempurna.

            Kegagalan tidak berarti Anda menyia-nyiakan hidup…

                        namun Anda memiliki alasan untuk memulai yang baru.

            Kegagalan tidak berarti Anda harus menyerah…

                        namun Anda harus mencoba lebih keras.

            Kegagalah tidak berarti Anda tidak pernah akan berhasil…

                        namun Anda hanya membutuhkan waktu sedikit lebih lama.

            Kegagalan tidak berarti Tuhan mengabaikan Anda…

                        namun Tuhan memiliki ide yang lebih baik!

 

Dikuatkan dengan kutipan Kitab Suci ini kepada Anda: ‘Sebab aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada padaku mengenai kamu, … yaitu rancangan damai sejahtera, dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadaMu hari depan yang penuh harapan’ (Yeremia 29:11). Tuhan memberikan kepadaMu hari depan yang penuh harapan, sekeras apapun tantangan yang Anda hadapi sehebat apapun badai yang melanda kehidupan Anda, yakin dan terus bertahan menjalani masa-masa kesukaran itu adalah sebagian dari proses pembentukan Tuhan kapada kita. Knute Rockne menyebutnya sebagai: “Kalau keadaan semakin sulit, yang tegar akan bertahan.” Kalau jalannya kasar, yang tegar akan muncul pada kesempatan ini. Mereka menang. Mereka selamat muncul ke atas!. Kekuatan bertahan dapat memberikan kekuatan untuk menggerakan gunung. Bahkan gunung pun dapat luruh dengan waktu, kalau didera oleh angin dan hujan. Ilustrasi berikut ini mungkin lebih mudah di pahami oleh kita:

Orang dapat diibaratkan seperti kentang. Setelah kentang dipanen, harus disebar dan pilih untuk mendapatkan nilai penjualan setinggi mungkin. Dibagi-bagi menurut ukurannya – besar, sedang, kecil. Ini cara yang digunakan petani kentang Idaho – kecuali satu.

Seorang petani sama sekali tidak pernah merasa harus repot-repot memilih kentangnya. Walau demikian tampaknya ia berhasil mendapatkan uang paling banyak. Tetangganya yang keheranan bertanya kepadanya, “Apa rahasia Anda?” Ia menjawab, “Mudah saja. Saya langsung memuat kentang ke dalam truk dan memilih jalan paling kasar untuk pergi ke kota. Dalam perjalan sejauh delapan mil, kentang-kentang kecil akan dengan sendirinya jatuh kebawah. Yang berukuran menengah akan diam di tengah, sementara yang besar terkumpul di atas.” Ini tidak hanya berlaku pada kentang. Ini juga kaidah kehidupan. Kentang besar muncul di atas dalam perjalanan yang kasar, dan manusia tegar muncul ke atas pada masa-masa yang sulit.

Sekali lagi, masalah itu akan terus ada selama kita masih di dunia ini. Tetapi jangan menyerah, yakin, bertahan dan tetap tegar menjalani setiap permasalahan, ciptakan ide-ide baru untuk terus berkreasi dengan pandangan positif, berdoa memohon tuntunan Tuhan pasti semua badai permasalah akan berlalu. “Sekiranya kamu mempunyai iman sebesar bihi sesawi saja kamu dapat berkata kepada gunung ini: Pindah dari tempat ini ke sana – maka gunung ini akan pindah, dan takkan ada yang mustahil bagimu” (Matt 17:20).

Tetap berkarya dan Tuhan memberkatiMu!.

۩ Nyoman Iriandi ۩
(Dikutip dari buku "Badai Pasti Berlalu" karangan Robert H. Sehuller)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: