TIDAK PERLU MENGISTALL WINDOWS DARI AWAL LAGI

Banyak di antara kita kadang kala mendapat masalah dengan Operating System (Windows) di computer. Berupa serangan Virus, Spyware, Sistem Registry rusak dan masih banyak lagi yang kondisinya tidak dapat hanya di perbaiki dengan menggunakan System Restore Windows atau dari Backup program lainnya. Sytem Restore Windows dan Backup program biasa, hanya membackup registry dan beberapa file-file penting saja. Sehingga kadang kala sering kita di haruskan untuk mengistall lagi Windows dari awal apabila System Restore Windows tidak dapat banyak mengatasi masalah kerusakan Windows tersebut. Untuk menginstall ulang Windows terkadang membutuhkan waktu yang cukup lama, tergantung pada hardware spesifikasi yang di gunakan pada komputer. Juga proses download dan install update-update penting windows dari Microsoft menyita banyak waktu dan banyak bandwith internet Anda. Terlebih apabila banyak program lain yang harus di install kembali, seperti antivirus, paket office, paket multimedia dll. tergantung penggunaan masing-masing orang pada komputernya. Yang pada akhirnya membuat banyak waktu, tenaga dan pikiran terbuang untuk menjalankan dan menunggu proses installasi tersebut.

 

Kabar baiknya adalah, sekarang kita tidak perlu harus selalu mengistall Windows dari awal lagi setiap kali terdapat gangguan atau masalah pada Windows atau program lainnya. Cukup hanya dengan membuat Image file atau backup dari keseluruhan partisi/drive Windows yang di dalamnya sudah terpasang semua update, drivers hardware dan juga mungkin beberapa software yang biasa digunakan pada waktu pertama kali selesai menginstall Windows. Dengan menggunakan software image backup seperti misalnya; Norton Ghost atau Acronis True Image atau image backup software lainnya. Dan merestore kembali image file backup dari keseluruhan drive (Windows dan program lainnya) tersebut sehingga komputer akan berjalan fresh lagi dengan kondisi dan fungsi yang keseluruhannya baik seperti keadaan setelah installasi awal. Proses restore image backup akan jauh lebih cepat (kira-kira 10 menit, tergantung jenis hardware komputer) dan cukup mudah untuk di lakukan di bandingkan dengan proses installasi windows dari awal.

Dan juga sekarang ada cukup banyak jenis software Image backup yang dapat melakukan backup full disk bersifat gratis (freeware) yang dapat di download dari internet.

 

Tetapi tidak sesimpel tulisan di atas, tetapi tidak juga sukar atau sulit untuk melakukannya. Beberapa hal yang harus di perhatikan, adalah sebagai berikut:

  1. Backup semua data anda yang berada di harddisk utama yang tergabung dalam Operating System (Windows).
  2. Pisahkan drive/partisi Windows dan data. Anda dapat menggunakan softare pembagi partisi untuk melakukan proses ini, atau melalui cd Windows saat pertama kali proses installasi. Apabila Anda menggunakan satu buah harddisk berkapasitas besar, misalnya 200 GB. Buat satu partisi terpisah yang nantinya di pakai oleh Windows dan software lainnya yang merupakan partisi utama. Misalnya partisi utama untuk Windows (partisi utama) sebesar 20 GB dan 20 GB lagi adalah partisi untuk menyimpan backup dari image file Windows (partisi utama), sedangkan sisanya 160 GB adalah untuk penyimpanan data-data Anda. Ini akan memudahkan dalam proses copy seluruh partisi utama (pembuatan image file) yang berisi Windows dan software-software lainnya. Juga tidak memakan banyak tempat dari harddisk untuk menyimpan image backup Windows.
  3. Setelah installasi Windows, download update Windows kemudian di install dan driver hardware serta mungkin beberapa software yang biasa digunakan sudah terinstall juga di komputer, dan komputer berjalan dalam kondisi normal/baik. Pasang software backup dan lakukan proses image backup keseluruhan partisi utama dalam kondisi terbaik komputer saat itu ke drive kedua yang telah di siapkan untuk menyimpan image file windows backup tersebut.
  4. Apabila nanti di kemudian hari, windows mengalami gangguan dan Anda ingin mengembalikan kondisi windows ke kondisi fresh (baru di install). Anda hanya perlu melakukan restoring image file dari backup partisi/drive kedua ke main drive utama Windows lagi (biasanya pada drive c).

 Berikut ini daftar referensi software image backup yang dapat Anda gunakan, berikut alamat website dimana Anda juga dapat langsung mendownload file installasi software tersebut:

 

  1. Norton Ghost V10
    http://www.symantec.com/home_homeoffice/product/backup_recovery/ghost10/index.html
  2. Acronis True Image V9
    ttp://www.acronis.com/homecomputing/product/trueimage/

Untuk detail installasi dan proses pembuatan image backup, silahkan tunggu tulisan berikutnya yang akan mengulas lebih detail lagi. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: