CARA MENCETAK DAFTAR FILE FOLDER DARI WINDOWS EXPLORER

Kadang kala cara ini berguna untuk mencetak nama-nama file di dalam sebuah folder, tetapi cara ini tidak langsung bisa di pakai dari Windows. Karena tidak di sertakan langsung di dalam Windows.

Biasanya para pengguna yang ingin mencetak daftar file foldernya, menyerahkan hal ini kepada orang yang lebih ahli atau melibatkan pihak ketiga pembuat software file manger dengan menggunakan softwarenya.

Tetapi  banyak orang tidak mengetahui kalau sebenarnya mereka sendiri bisa mengatur Windows untuk menjalankan tugas itu tanpa harus menggunakan perangkat utilitas lainnya. Dalam artikel ini saya akan menunjukan kepada Anda bagaimana cara melakukannya.

 Cara ini pada kenyataanya masih menggunakan software tua yang sangat baik yaitu DOS yang dapat melakukan pencetakan/print sebuah daftar file dari sebuah folder. Anda melakukan semua itu hanya dengan sebuah perintah DIR dan secara langsung mencetak daftar folder ke printer dan sekaligus menampilkannya pada layar monitor Anda pada saat yang bersamaan.

 Jangan panik dulu, karena saya tidak akan menyuruh Anda untuk menjalankan DOS dari command windows. Ada jalan lain yang lebih mudah yang bisa Anda lakukan.

Semua yang harus Anda lakukan adalah membuat sebuat batch file menggunakan Notapad atau pengolah text sederhana lainnya dan kemudian mengatur Windows untuk menjalankan batch file tersebut dari dalam Windows Explorer dengan cara meng klik kanan dan akan menampilkan context menunya.

Microsoft telah mengeluarkan sebuah artikel pengetahuan dasar (Knowledge Base) dari artikel ini juga (http://support.microsoft.com/?kbid=272623) menjelaskan cara bagaimana membuat dan menggunakan batch file dan semua instruksi yang terkait di dalam Windows Explorer.

Sayang sekali, artikel knowledge base (KB) tidak menjelaskan salah satu instruksi ini, jadi saya harus menjelaskan kembali sebuah cara memodifikasi dari versi KB di bawah ini:

Untuk menambahkan fitur pencetak directory ke Windows Explorer, ikuti langkah-langkah berikut ini:
a) Buka Notepad dan copy dan paste text di bawah ini ke dalam Notepad:

@echo off
dir %1 /-p /o:gn > "%temp%\Listing"
start /w notepad /p "%temp%\Listing"
del "%temp%\Listing"
exit

b) Simpan file ini dengan nama Prin.bat dengan lokasi penyimpanan di dalam folder Windows pada root drive C, kemudian tutup Notepad.

c) Jalankan Windows Explorer, klik Tools, kemudian klik Folder Options.

d) Clik pada File Types tab, kemudian klik File Folder. d1)Klik Adavanced.

e) Klik Edit, lalu klik New.

f) Dalam kotak Action, tuliskan Print Directory Listing (atas sesuai dengan keinginan Anda)

g) Dalam Application di gunakan untuk menjalankan perintahnya, klik Prin.bat, kemudian klik OK.

h) Klik OK, klik Apply, kemudian klik OK.

Sekarang bukalah Windows Explorer, klik kanan folder yang ingin Anda cetak daftarnya, dan kemudian klik Print Directory Listing.Itu saja. Sebuah fitur Pencetak daftar direktori telah di tambahkan kedalam Windows Anda secara permanen.

Satu Tanggapan

  1. terima kasih banget gan atas trik yang satu ini gan.
    dengan mencetak daftar file dan folder akan banyak sekali manfaatnaya untuk dokumentasi misalnya ketika burn data ke cd

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: