MEMBUAT BOOT DISK UNTUK MENGANTISIPASI KERUSAKAN SYSTEM DENGAN MENGGUNAKAN WINDOWS 7 REPAIR DISK

Suatu hari, saat dimana Anda sedang duduk di depan komputer dan menghidupkannya, tiba-tiba saat itu Windows mengalamai gangguan, tidak bisa boot. Atau mungkin ada banyak pesan error yang muncul di layar komputer Anda.

Ada banyak kemungkinan yang terjadi dengan komputer Anda yang mengakibatkan situasi yang sulit buat Anda. Apabila kerusakan yang terjadi bukan di sebabkan oleh malware, maka masalah tersebut sering kali dapat di perbaiki dengan menggunakan CD installasi Windows.

Tetapi bagaimana bila Anda tidak mempunyai CD installasi Windows? Kebanyakan komputer baru sekarang tidak di sertai dengan CD installasi Windows (mungkin karena vendor ingin menghemat biaya?). Seperti misalnya Anda membeli laptop baru dengan Windows 7 yang sudah terinstall di dalamnya, di laptop tersebut hanya ada satu partisi khusus yang menyimpan file installasi Windows bukan lagi berupa CD. Jika demikian Anda mungkin tidak dapat mengatasi masalah yang terjadi. Tetapi Kabar baiknya adalah Microsoft akhirnya telah memberikan solusi untuk permasalahan tersebut dengan memberikan sebuah cara membuat system repair disk di Windows 7 tanpa harus ada CD installasi Windows. Disk atau CD ini nantinya dapat digunakan untuk mengatasi banyak masalah. Berikut ini adalah cara yang harus di lakukan oleh pengguna Windows 7 sebelum terjadi keadaaan darurat terjadi pada komputer Anda:

  1. Klik menu “Start”
  2. Tuliskan “repair” (tanpa tanda kutip) pada kolom “Search programs dan files”
  3. Pilih “Create a System Repair Disc”
  4. Kemudian sebuah kotak dialog akan terbuka yang memperlihakan drive CD/DVD Anda dan memberitahukan Anda untuk memasukan sebuah CD kosong ke dalamnya (lihat gambar di bawah)
  5. Klik “Create disc”
    Sebuah alternatif lain, juga dapat Anda gunakan adalah: pada Control Panel – System and Maintenance – Backup and Restore. Pada jendela bagian kiri, klik “Create a system repair disc” dan kemudian ikuti langkah ke 4 dan 5 seperti cara diatas.

Setelah selesai membuat CD system repair disk, simpan CD tersebut pada tempat yang aman dan mudah di ingat dan semoga Anda tidak akan pernah menggunakannya🙂

Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: