Dell Streak Mini 5″

DELL Streak Mini 5″

Review singkat Dell Streak Mini saya, yang baru saya dapatkan sekitar 3 bulan yang lalu.
Sekilas dari bentuknya yang cukup mungil, membuat saya tertarik untuk memilikinya. setelah dibuka dari dus, saya langsung mulai mencoba dengan menginstall banyak aplikasi gratis dan berbayar langsung dari Android Market. Tidak ada masalah dengan software dan game-game yang saya install, dan menjalankan aplikasi pun tidak ada masalah. Game dan aplikasi lain dapat berjalan dengan baik dan cukup cepat. Setelah mengupgrade ke Android versi 2.2.2 tidak banyak membuat perubahan yang signifikan, hanya pada bagian home screen stage widgets yang model dan tampilannya kelihatan berbeda setelah di upgrade.
Dari segi ketahanan battery, pertama kali saya gunakan dengan mengaktifkan semua fitur, Wireless, 3G data,Phone dan GPS menjadikan device ini sangat boros battery. Kurang lebih 5 jam tanpa pemakaian penuh saya sudah harus menyiapkan charger untuk mengisi ulang battery. Tetapi setelah saya menonaktifkan GPS, daya tahan battery dapat bertahan lebih lama, sekitar lebih dari 10 jam tanpa pemakaian penuh. membuat saya tidak harus selalu membawa charger lagi🙂. Akan lebih lama lagi daya tahan battery apabila fitur wireless atau 3G data di nonaktifkan juga, tergantung kebutuhan penggunaan internet apakah menggunakan wireless atau harus menggunakanan 3G data. Fitur Auto brightness juga merupakan penghemat daya battery yang cukup signifikan, dengan menggunakan mode Automatic Brightness akan membantu penghematan daya tahan battery.
Satu hal yang saya kurang suka dari Dell Streak Mini 5″ adalah, respond time di saat penggantian rotasi layar pada tampilan awalnya untuk memunculkan Stage Windgets terkadang terasa sangat lama, terkadang saya harus menunggu 1 bahkan sampai 2 menit untuk stage windgets muncul kembali di layar.
Fungsi camera cukup baik, dengan bagian belakang yang menggunakan 5MP saya dapat membuat foto dan video dengan hasil yang cukup memuaskan. Yang aneh device ini sudah menyediakan front camera, tetapi tidak ada builtin aplikasi yang bisa kita gunakan langsung untuk video call😦 tetapi bisa didapat dengan menggunakan beberapa software video call yang tersedia di pasaran.
Pada bagian keyboard terasa sedikit susah untuk ukuran jari yang besar, dengan menggunakan virtual keyboard pada layar. Karena penekanan huruf terkadang menjadi tidak akurat, oleh karena ukuran dari keyboard yang cukup kecil apalagi pada posisi rotasi layar vertikal.
Demikian sekilas review dari saya tentang Dell Streak Mini 5″.

Spesifikasi :
Network : 2G/3G
Size    : 152.9 x 79.1 x 10 mm
Weight    : 220 g
Display    : TFT capacitive touchscreen 480 x 800 pixels, 5.0 inchess
Memory    : 512 MB ROM, 512 MB RAM and 16 GB microSD storage.
Data    : GPRS, EDGE, 3G, WLAN b/g, Bluetooth, USB.
Camera    : Primary 5 MP
OS    : Android v2.2 Froyo

7 Tanggapan

  1. berapa rupiah tuh ?
    Upgradenya via OTA atau ke CS ?

    • Waktu itu saya beli di Makassar, Rp.5,400,000,- mahal memang, tetapi sekarang kalau tidak salah di jawa harganya hanya sekitar Rp.4 jutaan.
      Saya harus mengupdate menggunakan internet yang memakai fasilitas wirelessnya, tidak bisa hanya dengan 3G saja. saya tidak tahu kalau di jawa dengan fasilitas 3G yang lebih baik dari pada kami di Papua, mungkin bisa update langsung via OTA dari pada harus mengaktifkan wireless untuk mendapatkan koneksi internet yang lebih baik. Dan kalau harus bawa ke CS untuk mengupdate yah sama saja bohong🙂

      • Sekedar info, harga dell streak di Semarang Jawa Tengah sekarang sekitar Rp. 4,5juta. Saya juga pengguna dell streak, baru sebulanan ini. Cukup puas menggunakan ini, namun untuk ketahanan baterai memang mengecewakan, tidak bertahan satu hari.

  2. mgkn yg buat lambat pada saat penggantian rotasi layar, dri faktor file multimedia yg cukup bnyk di dlm memori terutama file foto. sebaiknya jgn terllu menyimpan file multimedia terllau bnyk, klu bisa bisa file multimedia di backup ke pc (komputer). klu masalah battrey sesui penggunaan saja. jika semakin bnyk anda menggunakan koneksi wifi, bluetooth, gprs/3g akan semakin boros. begitu juga dgn lampu layar, semakin terang lampu layar digunakan maka akan semakin boros battrey, setidaknya lampu layar diredupkan sedikit sehingga battrey tdk cpt low. tks.

  3. alo mas, di upgrade lagi ke gingerbread 2.3.3… makin jozz dan keliatan jauh sekali performance-nya dg froyo 2.2. Tdk spt upgrade dari 2.1 ke 2.2 yg gampang dan disediakan oleh dell, tp bs dipelajari di xda dev forum…
    Kalo baterai emang plg ga enak kalo buat game… hehehehe… kalo buat harian ya lmyn lah, kebetulan saya kalo di kantor pake wifi, jd agak hemat sedikit…😀

    • Hallo juga mas, terimakasih untuk informasinya… tapi kira-kira kalau di upgrade langsung ke yang ice cream sandwicht bisa ga yah? pasti versi itu lebih baik lagi, kecuali harus memakai processornya yang dual core🙂

Tinggalkan Balasan

