Mengecilkan Ukuran Tab dan Membuat Pin Permanen Tab-Tab Pada Google Chrome

Apabila biasanya Anda mempunyai banyak tab-tab yang terbuka pada Google Chrome, maka Anda akan menyukai fitur Pin tab yang telah tersedia pada Chrome. Fitur ini membuat Anda untuk hanya tetap membuka tab yang Anda sukai tetapi tidak semua tab yang telah dibuka, dan pin tab mengecilkan ukuran dari tab yang dibuka dengan hanya menampilkan icon websitenya (favicon) saja tanpa menampikan lagi nama website. Favicon adalah sebuah icon kecil yang biasanya muncul di depan dari nama website pada bagian kolom address, atau bagian tab yang terbuka pada Chrome.


Untuk membuat pin pada sebuah tab di Chrome, klik-kanan pada tab yang Anda inginkan kemudian pilih Pin tab dari popup menu yang tersedia.

Tab akan mengecil menyesuaikan dengan ukuran favicon dan memindahkan tab tersebut ke bagian kiri dari tab bar lainnya yang terbuka secara otomatis.


Jika Anda tidak menginginkan lagi tab tersebut di pin permanen, klik-kanan pada tab tersebut dan pilih Unpin tab dari menu popup yang tersedia. Secara otomatis tab tersebut akan kembali kepada ukuran semula, tetapi letak dari tab tersebut akan tetap pada posisinya tidak kembali seperti pada posisi dimana sebelum Anda membuat pin tab dulu. Tab tersebut tidak kembali kepada posisi awal dulu.


Pin tab yang telah di buat pada Chrome bersifat permanen. Jika Anda menutup dan kemudian membuka kembali Chrome, maka tab-tab yang telah di pin dulu akan terbuka kembali secara otomatis dan akan di tampilkan kembali pada bagian kiri pada bagian tab bar. Fitur ini akan berguna bagi Anda yang menginginkan website yang telah di buka dulu akan kembali terbuka secara otomatis pada waktu setiap kali Anda menjalankan Chrome.

Menggunakan pin tab juga mencegah Anda dari kejadian tertutupnya tab yang terjadi secara tidak disengaja. Di saat Anda membuat pin pada sebuah tab, maka tombol X untuk menutup tab akan hilang secara otomatis. Satu-satunya cara untuk menutup tab yang telah di pin adalah dengan meng klik-kanan pada tab tersebut dan pilih Close tab dari menu popup atau dengan menekan kombinasi tombol keyboard Ctrl + W. Hal ini akan sangat berguna apabila Anda menunggu sebuah proses streaming video atau file streaming lainnya dari kemungkinan tertutupnya jendala tab yang tidak terduga atau tidak disengaja yang mengakibatkan Anda harus mengulangi kembali proses streaming dari awal kembali.


Anda juga dapat menggunakan pin tab untuk menyiapkan halaman website yang akan nantinya Anda baca. Jika Anda menggunakan sebuah website untuk pekerjaan Anda, dan sambil menunggu selesainya pekerjaan Anda, tetapi Anda tidak menginginkan untuk menjadikannya Favorite website pada halaman bookmark Anda, Anda dapat menggunakan pin tab yang kemudian dengan mudah Anda dapat kembali ke halaman website tersebut nantinya.

Semoga berguna!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: