CARA SHARING DISK DRIVE SELURUHNYA PADA UBUNTU

Untuk membuat sharing sebuah folder pada Ubuntu, cukup mudah apabila kita sudah terlebih dahulu menginstall Samba Server (Untuk menginstall Samba Server, pada “Terminal” window ketikan command berikut: “sudo apt-get install samba smbfs”). Kemudian “klik kanan” pada folder yang akan di sharing, lalu pilih menu “Sharing Options” pada menu yang tersedia. Setelah berada pada jendela Folder Sharing, beri “Tanda Centang” pada “Share this folder”. Setelah itu kita dapat menentukan “Share name” dan “Comment”. Pada “Allow others to create and delete files in this folder” digunakan apabila Anda menginginkan akses penuh atas folder sharing tersebut. Sedangkan pada bagian “Guest access (for people without user account)” digunakan apabila Anda ingin membagi data dengan orang lain, tanpa orang tersebut harus menggunakan sistem keamanan pada sharing folder tersebut (tanpa harus menggunakan user name dan password). Cara tersebut cukup berbahaya, karena semua orang akan dengan mudah dapat mengakses data Anda.

Sedangkan bila Anda mau membuat sharing satu drive keseluruhan, tidak ada menu “Sharing Options” apabila Anda mengklik kanan pada drive yang ingin Anda sharing. Tetapi Anda harus menggunakan cara lain untuk membuat sharing folder pada drive atau hard disk yang akan di sharing. Cara tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Klik menu “Places”
  2. Pilih dan klik “Computer”
  3. Setelah masuk pada window computer, pilih dan klik drive “File System” pada bagian kiri panel window.
  4. Setelah itu double klik folder “Media”
  5. Setelah Anda berada di dalam area folder “media”, Anda akan melihat semua drive yang terpasang pada komputer Anda. Termasuk Flash Disk atau external drive lain yang Anda gunakan.
  6. Pilih salah satu folder drive yang akan Anda sharing, klik kanan pada folder drive tersebut dan Anda akan menemukan menu “Sharing Options” di situ.
  7. Cara sharing sama seperti pada penjelasan membuat sharing folder pada penjelasan sebelumnya diatas.

Demikian penjelasan singkat cara membuat sharing pada keseluruhan disk drive di Ubuntu. Semoga bermanfaat!. GBU.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: