Gumpalan Cairan Air dan minyak di Dalam Layar Samsung Galxy Tab 10.1


Setelah membeli Samsung Galaxy Tab 10.1 pada akhir Juli 2011 yang lalu, saya cukup puas dengan performanya. Dengan pemakaian yang normal dan baik, hampir satu bulan pemakaian tepatnya pada tanggal 26 September 20011 yang lalu saya melihat di dalam layar pada saat device dalam keadaan off atau mati, terdapat semacam gumpalan cairan air yang bercampur dengan minyak. Awalnya hanya sedikit, tetapi lama kelamaan kelihatan gumpalan cairan tersebut semakin bertambah banyak.

Saya coba mencari informasi di internet (cari di google dengan kata kunci “Newton’s rings”), dan akhirnya saya menemukan fakta yang cukup mencengangkan, karena ternyata cukup banyak juga pengguna Samsung Galaxy Tab 10.1 lainnya juga mengalami hal yang sama dengan saya. Ada diantaranya yang mengatakan bahwa masalah tersebut bisa diperbaiki dengan cara mendinginkan device itu di dalam kulkas selama kurang lebih 15 sampai 30 menit, dan akhirnya gumpalan cairan itu menghilang. Tetapi cukup banyak yang mengatakan telah mencoba cara tersebut tetapi beberapa saat kemudian gumpalan cairan itu muncul kembali. Dan beberapa pengguna mengatakan kalau gumpalan cairan itu tidak menggangu fungsi device dan hanya terlihat pada saat screen/layar pada posisi off, apabila layar dinyalakan maka gumpalan cairan itu tidak kelihatan lagi.

Tetapi menurut saya mengganggu atau tidaknya cairan tersebut, hal tersebut tetap merupakan kategori produk yang “gagal” yang telah di buat oleh Samsung. Sebaiknya Samsung bersedia menarik kembali dan menggantikan device yang bermasalah tersebut dengan device yang baik, karena saya sendiri merasa tidak puas dengan uang yang sudah saya keluarkan dan ternyata tidak sebanding dengan alat/device yang saya harapkan. Dengan demikian kredibilitas samsung tetap akan terjaga pada banyak orang pengguna produk Samsung.

Cukup  sulit untuk bisa memperbaiki masalah gumpalan cairan bercampur minyak tersebut di dalam layar Galaxy tab 10.1, karena dibutuhkan alat khusus untuk membuka bagian layarnya dan juga keahlian khusus untuk melakukannya. Dan bila masa garansi masih berlaku, akan lebih baik bila membawa device tersebut kembali ke pusat pelayanan Samsung untuk di perbaiki atau di tukar dengan yang baik.

Semoga bermanfaat!

4 Tanggapan

  1. masalah SGT 10.1 malah lebih parah, tampilannya berbayang seperti tampilan windows yang beresolusi dan color quality rendah. ada solusi, gak ya?

    • Sudah coba reset device to the factory default? Tetapi backup dahulu semua data Anda. Kalau sudah di reset dan hasilnya masih sama, ada kemungkinan terjadi kerusakan hardware pada layar sgt Anda.

  2. Saya juga baru saja mengalami “newton ring” setelah seminggu membeli gtab 10.1. Rencananya hari ini akan ke dealer samsung tedekat, tapi berhubung hari minggu, jadi tutup. Lalu saya mampir ke sebuah cafe dan duduk di bawah kipas angin besar. Setelah makan, galaxi tab yg tadinya saya letakkan di meja, saya hidupkan. Menariknya “newton ring” tersebut hilang tanpa bekas. Jadi menurut saya, iklim kita memang sangat mempengaruhi produk ini, apalagi jika dibandingkan dgn iklim di korea tempat asal produk ini. Mudah2an untuk ke depan samsung bisa menemukan cara utk memperbaiki produknya. Tapi secara keseluruhan saya puas dengan Gtab 10.1 dan gtab 7″, telebih gtab 7″ yg sampai saat ini masih sehat, kuat dan nyaman di tangan.

Tinggalkan Balasan

