Aplikasi Backup Untuk Driver-Driver Windows

Driver adalah sebuah bagian penting dari system. Driver bertindak sebagai perantara antara system, dan peralatan perangkat keras (hardware). Driver juga mengartikan signal-signal, dan memudahkan komunikasi antara system dan perangkat keras lainnya. Tanpa driver, perangkat keras tidak akan bisa bekerja sama sekali, atau tidak dapat bekerja dengan baik.

Biasanya, driver tersimpan pada sebuah CD/DVD, beserta dengan alat atau perangkat kerasnya. Sebagai alternatifnya, driver juga dapat di download dari website manufacturer penyedia perangkat keras, dan mendownload driver langsung dari website merupakan tempat terbaik mendapatkan driver, atau driver pada website merupakan versi terbaru yang telah disediakan.

Tetapi,terkadang, CD atau DVD tempat penyimpanan driver hilang, lupa menaruhnya dimana, atau bahkan mungkin juga kita tidak bisa lagi mendownload driver tersebut dari website manucfacturenya karena mereka telah menghentikan layanan bantuan untuk perangkat keras tersebut. Seperti pada contoh kasus tersebut diatas, driver backup software adalah bagaikan sebuah penyelamat. Karena software backup menyimpan semua driver dari berbagai jenis perangkat lunak yang berbeda, dan bahkan juga driver yang dari Windows sendiri.

Jika Anda memiliki system yang tua, dan tidak mempunyai cd driver lagi, atau juga tidak bisa mendapatkan lagi driver darimanapun juga, menggunakan driver backup untuk membackup semua driver yang telah terinstall pada system dan juga termasuk driver yang dari Windows, adalah merupakan ide yang baik. Atau bahkan jika Anda masih memiliki CD driver, adalah baik bila Anda tetap membuat backup semua driver, dan menyimpannya pada tempat yang aman dan mudah di temukan, hanya untuk berjaga-jaga.

Saya juga menyarankan untuk membackup driver-driver dengan menggunakan lebih dari satu software driver backup, jika karena salah satu software gagal atau tidak dapat mengembalikan driver-driver hardware, atau gagal mengcopy salah satu driver, software driver backup lainnya mungkin masih memiliki software atau melakukan backup dan restoring dengan baik.

Berikut dibawah ini adalah beberapa daftar dari aplikasi driver backup yang dapat di gunakan untuk membackup driver Windows Anda.  Software-software tersebut dibawah adalah software yang bersifat gratis, jadi silahkan mendownload langsung dari website vendornya dan Anda dapat langsung menggunakannya.

  1. Double Driver, http://www.boozet.org/download.htm
  2. SlimDrivers, http://softpedia.com/get/System/System-Miscellaneous/SlimDrivers.shtml
  3. DriverMax, http://www.innovative-sol.com/drivermax/
  4. DriverBackup!, http://sourceforge.net/projects/drvback/files/
  5. Driver Magician Lite, http://www.drivermagician.com/Lite.htm
  6. DriverGrabber, http://fileforum.betanews.com/detail/DriverGrabber/1170699160/1

Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: