Menginstall Windows 7 Menggunakan USB Flash Drive

Dulu beberapa tahun yang lalu, kita masih menggunakan floppy disk atau yang lebih dikenal dengan nama disket untuk mengcopy dukomen-dokumen kecil kedalamnya. Sekarang kita lebih memilih menggunakan USB flash drive atau pen drive untuk mengcopy dokumen dan file-file multimedia. Saat ini setelah melewati beberapa tahun USB flash drive dapat di beli dengan harga yang cukup murah. Dan saat ini disaat sekarang ini, sistem operasi bertumbuh menjadi semakin besar (dalam hitungan GB) sehingga terkadang kita harus membakar cakram DVD setiap kali kita mau menginstall OS. Tetapi dengan menggunakan USB flash/pen drive kita dapat menginstall Windows 7 tanpa harus membakarnya terlebih dahulu ke dalam sebuah piringan DVD. Banyak diantara kita yang suka memasang OS yang berbeda dan juga sering memformat komputer; untuk beberapa orang, menginstall menggunakan USB drive adalah pilihan yang disukai. Karena tidak membutuhkan cakram DVD dan juga tidak harus membakar OS kedalamnya setiap kali akan menginstall OS. Dan juga, pertumbuhan netbook saat ini kian bertambah banyak sebagai contoh Asus Eee PC. Netbook tidak memiliki internal DVD drive yang disertakan, sehingga menginstall menggunakan USB flash/pen drive merupakan pilihan yang tepat sekali dari pada harus mencari USB Optical drive untuk menggunakan cakram DVD.

Jadi apa saja yang kita butuhkan untuk menginstall Windows 7 menggunakan USB drive? Sebuah USB flash/pen drive dengan kapasitas minimum 4 GB atau lebih dan pastinya media DVD Windows 7.

Pasang USB flash/pen drive 4 GB ke port USB di komputer Anda.

Buka atau jalankan command prompt dengan otorisasi Administrator dan ketikan beberapa command seperti dibawah ini (Proses ini harus dibuat diatas komputer dengan OS Windows 7 juga).

C:\Windows\system32>diskpart

Microsoft DiskPart version 6.1.7000
Copyright (C) 1999-2008 Microsoft Corporation.
On computer: AVIRAJ

DISKPART> list disk

Disk # # #  Status         Size     Free     Dyn  Gpt
———–  ————-  ——-  ——-  —  —
Disk 0    Online          149 GB      0 B
Disk 1    Online         3834 MB      0 B

DISKPART> select disk 1

Disk 1 is now the selected disk.

DISKPART> clean

DiskPart succeeded in cleaning the disk.

DISKPART> create partition primary

DiskPart succeeded in creating the specified partition.

DISKPART> format fs=fat32 quick

100 percent completed

DiskPart successfully formatted the volume.

DISKPART> active

DiskPart marked the current partition as active.

DISKPART> exit

Leaving DiskPart…

C:\Windows\system32>exit

Sekarang, Anda hanya perlu meng-Copy keseluruhan file-file installasi dari DVD Windows 7.

Pastikan pada BIOS Anda telah memilih opsi boot menggunakan USB. Apabila belum mengganti opsi boot dari USB, maka Anda tidak akan bisa boot menggunakan USB flash/pen drive.

Langkah selanjutnya adalah, pasang USB flash/pen drive pada komputer, notebook atau netbook, dimana Anda akan menginstall Windows 7. Kemudian komputer akan boot dari USB flash/pen drive. Menginstall menggunakan USB flash/pen drive akan lebih meningkatkan kecepatan waktu installasi dibandingkan menginstall menggunakan DVD drive.

Dengan menggunakan USB flash/pen drive yang sama, Anda dapat melakukan installasi Windows 7 pada banyak komputer lainnya yang sudah mensupport boot dari USB.  Dan sekarang Anda tidak akan lagi banyak membuang cakram DVD hanya untuk membakar OS yang akan digunakan untuk menginstall Windows 7.

Semoga Bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: