CARA UNTUK MENGELOLA PARTISI PADA WINDOWS TANPA MENGGUNAKAN SOFTWARE PIHAK KETIGA

Terdapat banyak sekali software dari pihak ketiga yang menawarkan fasilitas untuk mengelola partisi atau bahkan hard disk pada Windows dengan sangat baik dan mudah, tetapi tahukah Anda bahwa Windows sendiri telah menyediakan fasilitas pengelola partisinya juga (partition manager)? Microsoft cukup pandai untuk menyembunyikan fasilitas partition manager yang telah tersedia didalamnya, tetapi fasilitas tersebut telah ada disana.

Mengakses Disk Management

Cara cepat untuk memanggil/menjalankan tool Disk Management adalah dengan mengetikan “Partition” pada kolom search box di Control Panel atau pada Start menu. Kemudian klik pada pilihan yang di tampilkan yaitu “Create and Format Hard Disk Partitions”.

Anda akan melihat sebuah jendela yang terbagi atas dua bagian. Pada bagian atas menunjukan daftar dari semua partisi, merujuk kepada volume, dan pada jendela bagian lainnya di bawah menunjukkan gambar dari representasi kapasitas hard disk.

Membuat dan Mengganti Ukuran Kapasitas sebuah Partisi

Klik kanan pada sebuah partisi dari salah satu bagian jendela dan pilih Extend Volume atau Shrink Volume untuk mengganti ukuran partisi sebuah disk drive. Pilihan lainnya untuk memanipulasi partisi juga telah tersedia pada menu disaat kita menggunakan fasilitas pilihan dengan menggunakan klik kanan.

Untuk memperbesar dan memperkecil  partisi terdapat batasan dasar. Yaitu Anda hanya dapat memperkecil ukuran dari sebuah partisi hanya bila pada partisi tersebut masih mempunyai tempat kosong yang cukup untuk melakukannya, dan juga Anda hanya bisa memperbesar sebuah partisi bila masih ada lokasi yang belum dibuat partisi (unallocated space) pada bagian sebelah kanan disk saja. Anda akan melihat area kosong, pada bagian sebelah kanan dari partisi bila Anda ingin memperbesar kapasitasnya. Windows tidak dapat memperbesar kapasitas partisi basic pada bagian sebelah kiri; Anda memerlukan software pihak ketiga untuk dapat melakukannya.

Membuat sebuah Partisi

Bila Anda telah membuat sebuah partisi, Anda masih dapat menggunakan bagian yang masih kosong untuk membuat sebuah partisi lainnya lagi. Hanya dengan meng-klik kanan di dalam daerah yang masih belum terelokasi (unallocated space) dan pilih New Simple Volume

Setelah itu Anda akan melihat sebuah jendela menu New Simple Wizard, yang akan menuntun Anda untuk men-setting sebuah ukuran untuk membuat partisi, memberikan sebuah huruf untuk drive yang baru dan mem-formatnya dengan sebuah file system.

Menghapus sebuah Partisi

Anda juga dapat menggunakan menu klik kanan dan pilih Delete Volume untuk menghapus sebuah partisi yang akan menjadikan tempat yang kosong makin bertambah. Pada pilihan ini akan menghapus setiap file-file yang ada pada partisi; berhati-hatilah apabila Anda menggunakannya.

Mengganti Huruf-Huruf untuk Drive

Klik kanan pada sebuah partisi dan pilih Change Drive Letter dan Anda dapat memilih drive mana yang akan di ganti hurufnya. Klik tombol change untuk memilih huruf baru untuk disk drive.

Mem-Format sebuah Partisi

Menggunakan pilihan Format meng-klik kanan dari sebuah disk di dalam partisi program untuk meng-format partisi dengan sebuah sistem file baru dan menghapus keseluruhan dari isi partisi tersebut. Anda akan kehilangan seluruh isi dari partisi bila Anda membuat opsi ini!

Anda juga dapat men-format partisi dengan cara meng-klik kanan drive yang sudah Anda tentukan dan pilih Format menu dari dalam Windows Explorer.

Semoga bermanfaat!

Satu Tanggapan

  1. jika partisi na unallocated
    bagai mana cara nya mebalikan lagi memori yang sudah terpakai…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: