Cara Memasang Sistem Operasi Chrome di Netbook

Hal pertama adalah bagaimana dan dimana untuk mendapatkan file installasi OS Chrome? Karena OS Chrome merupakan OS yang bersifat open source dan gratis, sehingga Anda dapat mendownload-nya beserta source code-nya dari sumber berikut ini:

http://www.chromium.org/chromium-os

Informasi yang diberikan dari website ini guna memasang OS Chrome, terasa cukup rumit bagi yang belum memahami betul dari susunan source code, hingga memasang Linux dan membuat OS Chrome itu sendiri. Tetapi kabar baiknya adalah, ada seseorang yang sudah membuatnya hingga selesai dan lebih mudah untuk kita dapat memasangnya sendiri. Di tempatkan pada hexxeh, telah disedikan berbagai versi OS Chrome yang dapat di pasang melalui installasi Windows, Mac atau Linux yang kemudian di tempatkan ke sebuah USB stick dan membuatnya menjadi bootable.

http://chromeos.hexxeh.net/index.php

Langkah awal adalah dengan membuka website dari hexxeh, dan disana akan ada dua jenis pilihan download yang dibuat oleh hexxeh, yaitu: vanilla dan lime. Vanila merukan versi yang di konversi langsung dari OS Chrome yang di release oleh Google untuk pengembangan lebih lanjut.

Sedangkan Lime telah mempunyai beberapa fitur extra yang membuatnya lebih compatible dengan banyak hardware. Terlihat menarik untuk mencoba menggunakan versi Lime, tetapi pada waktu saya mencoba memasang lime di netbook, saya mendapatkan beberapa kali masalah seperti tiba-tiba hung dengan tampilan di layar kosong. Lalu saya mendownload versi Vanilla, memasangnya dan semua berjalan baik dan dapat mendeteksi semua hardware (sound, wireless card, dll) pada netbook.

Saya menyarankan Anda untuk mendownload Vanilla terlebih dahulu dan mencobanya. Jika tidak berjalan dengan baik, barulah Anda mencoba Lime. Biasanya proses installasi OS Chrome hanya mengambil waktu 5 menit. Ini tidak seperti proses installasi Windows yang akan dapat menggunakan waktu satu jam atau lebih.

OK, sekarang yang mana akan di download? Lihat pada bagian bawah website hexxeh dan Anda akan menemukan versi dari beberapa applikasi yang telah dibuat:

Perhatikan apabila Anda menggunakan Mac untuk proses installasi, maka Anda harus mendownload applikasi yang khusus dibuat untuk Mac. Sedangkan bila menggunakan Windows, download versi Windowsnya. Saat ini saya akan menggunakan Mac, jadi nantinya Anda akan melihat beberapa gambar dengan versi Mac. Tetapi prosedur installasi di Windows adalah juga sama seperti di Mac. Sekarang jalankan Chrome OS Image Creator dan Anda akan mendapatkan layar sebagai berikut:

Disinilah Anda akan memilih versi yang akan digunakan antara Lime atau Vanilla. Pilih Vanilla dengan versi yang paling terbaru. Kemudian klik Next. Anda akan ditanyakan untuk memilih sebuah USB stick untuk digunakan, jadi silahkan pasang USB stick bila belum dipasang. Kapasitas USB stick harus lebih besar dari 4 GB (minimum 4GB).

Klik Next dan kemudian Anda akan ditanyakan lagi apakah Anda sudah benar-benar yakin untuk menghapus semua data dari memory stick.

Klik Erase dan program akan mulai untuk mendownload OS Chrome sesuai dengan yang telah Anda pilih dulu. Setelah selesai mendownload, program akan memasangnya langsung pada USB stick.

Proses akhir dari pemasangan OS Chrome pada USB stick, maka akan muncul pesan di layar sebagai berikut:

Klik Finished dan lepaskan atau cabut USB stick Anda dari Komputer. Sekarang Anda hanya perlu memasang USB stick tersebut pada netbook, dan ganti pilihan boot awal kepada memory stick baru kemudian berikutnya atau opsi kedua kepada pilihan hard drive. Pada netbook Asus, saya harus memasang USB stick terlebih dahulu barulah bisa mengubah pilihan boot USB stick pada setting BIOS.

Setelah itu keluar dari BIOS dan restart (hidupkan ulang) komputer Anda. Setelah mendeteksi USB sebagai boot priority, maka Anda akan melihat Chromium OS tampil dilayar netbook.

Bila semua berjalan baik, sekarang saatnya Anda dapat mencoba OS Chrome pada netbook Anda. Pada layar berikutnya, Anda akan ditanyakan untuk memilih bahasa, keyboard dan wireless network.

Setelah itu, chrome akan memeriksa update yang ada. Bila tidak ada update, kemudian layar akan ganti ke sign in screen. Di situ Anda akan diminta untuk mengisinya dengan email account Google dan password.

Terakhir, pilih gambar untuk profile dan kemudian anda akan masuk pada tampilan desktop dari OS Chrome.

Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: